Text
Implementasi Trauma Healing Pascabencana pada Anak
Dalam buku ini, kita mengeksplorasi berbagai jenis permainan yang dirancang khusus untuk membantu balita dan anak-anak mengatasi trauma pascabencana alam. Trauma yang dialami anak-anak akibat bencana dapat berdampak signifikan pada kesejahteraan emosional dan psikologis mereka. Permainan trauma healing menyediakan cara yang efektif dan menyenangkan untuk membantu anak-anak mengekspresikan perasaan mereka, mengembangkan keterampilan koping, dan memulihkan diri dari pengalaman traumatis.
Buku ini mengategorikan permainan trauma healing ke dalam empat jenis utama: terapi bermain, terapi seni, permainan konstruktif, dan permainan sosial. Masing-masing jenis permainan dijelaskan secara rinci, mencakup deskripsi, contoh permainan, dan tujuan terapeutiknya. Terapi Bermain melibatkan penggunaan permainan peran, permainan simbolik, dan alat musik sederhana untuk membantu anak-anak mengatasi trauma dengan cara yang mereka kontrol sendiri. Terapi Seni menggunakan aktivitas menggambar, melukis, membuat kolase, dan membentuk patung untuk menyediakan outlet kreatif bagi anak-anak untuk mengekspresikan emosi dan pengalaman mereka. Permainan Konstruktif melibatkan aktivitas membangun atau menciptakan sesuatu, seperti membangun dengan balok atau menyusun puzzle, yang membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik halus, kognitif, dan memberikan rasa pencapaian. Permainan Sosial mendorong interaksi dan kolaborasi antara anak-anak melalui permainan kelompok dan kerjasama, membantu mereka membangun keterampilan sosial dan hubungan dengan teman sebaya.
Setiap jenis permainan dirancang untuk memenuhi kebutuhan unik anak-anak pascabencana, membantu mereka pulih secara emosional dan psikologis dalam lingkungan yang aman dan mendukung. Buku ini menekankan pentingnya pendekatan yang tepat dan dukungan berkelanjutan untuk memastikan anak-anak mendapatkan manfaat maksimal dari aktivitas trauma healing ini.
B24003937 | 617.1 SUM i(1) | My Library | Tersedia |
B24003938 | 617.1 SUM i(2) | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain