Karya Tulis Ilmiah
KTI : Pemberian Pendidikan Kesehatan Toilet Training untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu di Ruang Perawatan Anak
Toilet training merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia toddler untuk
mencapai kemandirian dalam eliminasi. Tujuan studi kasus ini adalah menggambarkan
pelaksanaan pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu
mengenai toilet training. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan
asuhan keperawatan yang melibatkan dua ibu dengan anak usia 3 tahun yang sedang
hospitalisasi. Intervensi berupa edukasi menggunakan media leaflet, lembar balik, dan
demonstrasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner pre-post test.
Hasil menunjukkan adanya peningkatan pada pengetahuan (dari 70 poin dan 50 poin menjadi
100 poin pada kedua subjek) dan sikap (dari 50 poin dan 0 poin menjadi 70 poin dan 40
poin). pemberian edukasi toilet training dapat meningkatkan pemahaman dan membentuk
sikap positif ibu. Disarankan agar tenaga kesehatan rutin memberikan penyuluhan kepada
ibu yang memiliki anak usia toddler mengenai toilet training, dan penelitian serupa
dilakukan dengan jumlah subjek yang lebih besar serta durasi intervensi yang lebih panjang.
KTI2502201052 | KTI2502201052 NAB | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain