Karya Tulis Ilmiah
KTI : penerapan pelaksanaan terapi aktivitas bermain clay untuk meningkatkan Kooperatif anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi
Hospitalisasi pada anak prasekolah kerap menimbulkan kecemasan akibat lingkungan baru,
tindakan medis, dan perpisahan dari orang tua, yang berdampak pada perilaku anak menjadi
kurang kooperatif. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah terapi aktivitas
bermain, khususnya terapi bermain clay yang sederhana dan mudah diterapkan. Tujuan studi
kasus ini menggambarkan pelaksanaan terapi bermain clay dalam meningkatkan perilaku
kooperatif anak prasekolah di RS Fatmawati Jakarta. Studi kasus ini melibatkan dua anak, data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Intervensi bermain clay
dilakukan selama tiga hari berturut-turut, setiap sesi selama 30 menit. Hasil menunjukkan
adanya peningkatan perilaku kooperatif setelah terapi. Skor kooperatif subjek pertama
meningkat dari 11 menjadi 12, dan subjek kedua dari 10 menjadi 11. Terapi bermain clay
efektif meningkatkan perilaku kooperatif anak prasekolah selama hospitalisasi, sehingga dapat
menjadi intervensi non-farmakologi pendukung proses penyembuhan di rumah sakit.
Disarankan agar terapi aktivitas bermain clay dapat diterapkan secara rutin di rumah sakit
sebagai bagian dari asuhan keperawatan anak. Tenaga keperawatan diharapkan lebih aktif
dalam mengembangkan variasi terapi bermain yang sesuai dengan kondisi anak, serta
melibatkan orang tua dalam aktivitas tersebut guna memperkuat hubungan emosional dan
mendukung proses penyembuhan anak selama perawatan di rumah sakit.
KTI2502201070 | KTI2502201070 RIF | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain